Tentang Kami

PPI Munich 2023-2024

Visi

Menjadikan PPI Munich sebagai organisasi pelajar Indonesia di Munich yang inovatif, inklusif, dan kolaboratif.

Misi

  1. Membangun sistem internal organisasi yang berkesinambungan dan berasaskan solidaritas;
  2. Menciptakan lingkungan beratmosfer positif untuk mempererat hubungan sosial di antara pelajar Indonesia di Munich;
  3. Menjadi wadah bagi para pelajar Indonesia di Munich untuk mengembangkan potensi diri, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis; dan
  4. Membangun hubungan yang akrab dengan organisasi, komunitas, dan/atau elemen masyarakat lain di Jerman.

Struktur Organisasi

Sejarah Singkat PPI Munich

Jejak mahasiswa Indonesia di Munich sebenarnya sudah ada sejak tahun 50-an setelah hubungan diplomatik Jerman dan Indonesia secara resmi dimulai pada tahun 1952, mahasiswa di Munich tergabung langsung di PPI Jerman. Nama besar seperti Prof. Dr.-Ing. Iskandar Alisjahbana, Rektor ITB ke-6 (1976-1978), sempat mengenyam pendidikan jenjang Magister (Master) di TH München (sekarang TU München). Tahun 80-an pun semakin banyak mahasiswa belajar di Munich, salah satunya Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A.

Untuk menjalin persatuan dan menjaga hubungan harmonis antar mahasiswa Indonesia di Munich, diperlukan sebuah Perhimpunan Pelajar Indonesia yang berada di bawah naungan PPI Jerman. Pada tanggal 24 April 2010, Sdr. Agi Josandra dan sekelompok mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di institusi di Munich, dengan latar belakang yang beragam, mendirikan PPI Munich. Mereka bekerja sama dengan pengurus PPI Jerman untuk menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPI Munich.

Hingga saat ini, PPI Munich terus mengalami regenerasi dan perkembangan dalam menghadapi berbagai tantangan setiap tahunnya. Sesuai dengan tujuan awal pendiriannya, PPI Munich berperan sebagai organisasi yang menjembatani berbagai organisasi masyarakat di kota Munich. Program Kerja PPI Munich pun sampai sekarang sangat beragam, diantaranya adalah Welcoming Party (untuk menyambut mahasiswa baru), PodcastMü (Siniar dengan pembahasan berbagai tema), dan Indonesischer Kulturabend (IKA) München bekerjasama dengan Organisasi Masyarakat Swadaya München e.V.

Harapannya, PPI Munich terus menjadi organisasi yang relevan dan memberikan manfaat bagi anggotanya dan lingkungan sekitarnya.

Riwayat Ketua PPI Munich